HSBC BWF World Tour Finals 2019

11 - 15 December

Acara Perpisahan Debby Susanto Di Bandung

Jurnal BadmintonAcara Perpisahan Debby Susanto Di Bandung | 17 Tahun lamanya Debby Susanto menjadi pemain Bulutangkis . Debby Susanto ini akhirnya memutuskan untuk pensiun pada ajang Indonesia Master 2019 di bulan Januari lalu . Debby Susanto juga sudah menyumbangkan berbagai macam gelar bergengsi dalam dunia Bulutangkis ini . Tentu keputusan yang di ambil oleh Debby Susanto ini membuat para pecinta Bulutangkis membuat acara khusus untuk atlet kesayangannya .

Acara Perpisahan Debby Susanto Di Bandung

Pada acara yang di gelar di Gedung Sabgu , Bandung ini bertepatan dengan final Djarum Superliga Badminton 2019 yang mempertemukan kedua regu putra antara Djarum Kudus dan juga Music Trinity . Acara yang bertajuk Debby Susanto’s Farewell Event ini tentunya ia akan melakukan perpisahan dengan para pecinta bulu tangkis yang ada . Gelar yang sudah di dapatkan oleh Debby Susanto ini tentu tidak sedikit , berbagai gelar juara telah dipersembahkan atlet spesialis ganda campuran yang lahir di Palembang, pada 3 Mei 1989 tersebut .

Di level junior, Debby yang merupakan atlet asuhan PB Djarum Kudus itu pernah meraih emas ganda putri Asia Junior Championships 2007 bersama Richi Puspita Dilli , serta medali perunggu World Junior Championships 2007 bersama Afiat Yuris Wirawan.

Di level senior pun, Debby punya kontribusi yang besar terhadap bulu tangkis Indonesia, di antaranya meraih dua medali emas SEA Games, yakni tahun 2013 bersama Muhammad Rijal, dan 2015 dengan Praveen Jordan. Puncak kesuksesan Debby yakni ketika dia mampu meraih gelar juara di All England Open 2016 bersama Praveen. Pada laga final turnamen bulu tangkis tertua itu, mereka sukses mengandaskan Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (Denmark) dengan skor 21-12, 21-17.

Acara Perpisahan Debby Susanto Di Bandung

Sebelum menutup karirnya di Indonesia Master 2019 ini , Debby juga sudah pernah menjadi yang terbaik bersama Praveen di ajang Kore Open Superseries 2017 . Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto, menyatakan bahwa acara persembahan terakhir untuk Debby ini sudah selayaknya digelar. “Saya kira itu suatu acara yang baik bagaimana kita akan melepas salah seorang yang sudah banyak berjasa dan mencurahkan kehidupannya dalam dunia bulu tangkis,” ujar Budiharto.

“Kebetulan, Bandung itu salah satu kota dengan penggemar bulu tangkis yang cukup banyak, dan mereka mempunyai fanatisme yang tinggi untuk olahraga ini. Saya kira satu hal yang tepat apalagi dilaksanakan di puncak acaranya nanti.” Budiharto menyatakan, Indonesia seharusnya perlu membiasakan tradisi menghargai jerih payah dan pengorbanan orang lain, terutama para atlet. Para atlet, kata Budiharto, sudah mengorbankan masa mudanya, pribadinya untuk olahraga demi mengharumkan nama bangsa.

Ia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat kota Bandung dan sekitarnya untuk ikut menyaksikan acara yang bakal dikemas secara khusus itu. “Saya kira ini momen bersejarah untuk Debby dan masyarakat Bandung. Sangat disayangkan kalau tidak bisa menyaksikan acara ini, karena acaranya juga digelar secara khusus,” kata Debby. Debby Susanto’s Farawell Event akan digelar pukul 11.30 WIB, sebelum laga final sektor putra Djarum Superliga Badminton 2019.

Berikut adalah daftar gelar juara yang pernah di raih oleh Debby Susanto :

  • Juara Chinese Taipei Open Gran Prix Gold 2019
  • Emas SEA Games 2013
  • Emas SEA Games 2015
  • Juara india Grand Prix Gold 2016
  • Juara All England Superseries Premier 2016
  • Juara Korea Open Superseries 2017

Related Post

  • Acara Perpisahan Debby Susanto Di Bandung 150x150

    Acara Perpisahan Debby Susanto Di Bandung

    Jurnal Badminton - Acara Perpisahan Debby Susanto Di Bandung | 17 Tahun lamanya Debby Susanto menjadi pemain Bulutangkis . Debby Susanto ini akhirnya memutuskan untuk pensiun pada ajang Indonesia